Tuesday, May 6, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED MAY 6, 2008

PUNCAK ES MULAI MENCAIR !!!!

Dalam tulisan kemarin dijelaskan tentang kondisi market, jika terjadi Exhaust Gap. Ternyata Exhaust Gap itu sudah terjadi hari ini.
Stock Market Indonesia dibuka langsung gap up dilevel 2390, gap up 2 point dari high kemarin di level 2388, lalu naik sedikit ke level high hari ini di level 2395, sesudah itu melorot turun dan ditutup pada level 2371, minus 16 point.

Kondisi stock market yang demikian, menandakan bahwa market sudah mulai kehilangan kekuatannya untuk tetap bergerak naik dan akan mengalami koreksi kembali.
Karena itu, investor yang jeli harus mulai siap-siap untuk profit taking begitu market mulai dilanda penjualan secara masif.

Walau pun secara fundamental, masih banyak emiten yang berprospek bagus dan masih berpotensi untuk naik ke level yang lebih tinggi, tetapi berhubung tipikal nasabah di Indonesia masih menganut sistem hit and run, maka dalam jangka pendek, begitu market berbalik arah, semua investor berlomba-lomba untuk melakukan penjualan, sehingga market akan turun lebih dalam lagi. Bagi Investor dengan jangka yang lebih panjang juga akan merasakan dampaknya, karena portfolionya menjadi berkurang nilainya.

Penurunan indeks hari ini juga dipicu oleh rencana pemerintah Indonesia untuk menaikkan harga minyak dalam waktu dekat ini. Selama prosentase kenaikan BBM masih belum jelas, market tetap akan bereaksi negatif. Tetapi begitu angka-angka kenaikannya sudah diumumkan, market malah akan bereaksi positif.

Market tanggal 7 Mei 2008

AALI BOW
ANTM BUY
ASII SELL
BBCA SELL
BBRI SELL
BMRI SELL
BNBR BOW
BNGA SELL
ELTY BUY
INCO BOW
INDF BUY
ISAT BOW
LSIP BUY
MEDC BOW
PGAS BUY
PTBA SELL INTO STRENGTH
SGRO BUY
TLKM SELL
UNTR SELL INTO STRENGTH
TBLA BOW

2 comments:

Anonymous said...

jadi besok harus siap-siap untuk profit taking ya.

tapi kalo ternyata saham yang kita pegang belom membuahkan hasil. lebih baik dijual dan kemudian disambut lagi ketika harganya turuh atau hold saja, om?

caleb.limuel.stockmarket said...

market sekarang sedang mix, ada yang naik, ada yang turun juga. saya tidak tau portfolio anda, jadi ga bisa kasih komentar. Cuma, kalau saham yang belum membuahkan hasil itu secara teknikal masih bisa naik ya ga usah dijual dong. Yang kita jual adalah yang sudah overbought secara teknikal.
tks, caleb

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE