Monday, May 5, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED MAY 5, 2008

HATI-HATI ANTI KLIMAKS !!!!!

Membaca judul di atas, dapat membuat investor menjadi bingung dan bertanya-tanya, kenapa harus hati-hati dengan anti klimaks ? Bukankah market kelihatannya lagi bagus-bagusnya dan saham-saham pada naik semuanya ? Untuk menjawab pertanyaan di atas, mari kita lihat data-data berikut :

Stock Market Indonesia, dua hari dibuka gap secara berturut-turut, Jumat 2 Mei dan hari ini Senin 5 Mei. Tanggal 30 April, level indeks tertinggi adalah 2304, tanggal 2 Mei, level indeks terendah adalah 2322, jadi ada gap up sebanyak 18 point. Indeks tertinggi tanggal 2 Mei adalah 2343, sedangkan indeks terendah hari ini, 5 Mei adalah 2354, ada gap up 11 point.

Secara teknikal, fenomena ini disebut running gap, yang akan berakhir atau terkoreksi pada gap yang terakhir yang disebut Exhaust Gap. Yang terjadi waktu gap terakhir adalah indeks dibuka dengan gap lagi, mungkin tetap naik ke level yang lebih tinggi. Di sini akan ada 2 kemungkinan, yang pertama adalah indeks ditutup turun pada hari itu dan keesokan harinya akan ada gap down, lalu indeks akan meluncur turun. Yang kedua adalah mungkin indeks akan ditutup pada level tengah, lebih tinggi dari low nya, tetapi esoknya akan ada gap down dan indeks akan melorot turun.
Kedua kemungkinan ini akan menyebabkan hari di mana gap yang terakhir akan seperti sebuah pulau yang berdiri sendiri. Biasanya ini disebut island.
Jadi, tetap berhati-hati, jika hal-hal tersebut di atas terjadi, maka langsung lakukan profit taking.

Hal-hal yang dibahas diatas akan tidak valid, jika ada daya beli yang sangat kuat yang masuk kembali ke market dan mendongkrak harga-harga saham naik kembali ke posisi yang lebih tinggi lagi dengan volume yang significant.

Yang dibahas di atas adalah tinjauan dari sisi teknikal, sedangkan secara fundamental, masih banyak saham yang under value. Jadi masih ada kesempatan untuk bargain hunting untuk saham-saham yang memiliki fundamental bagus, tapi diperdagangkan pada harga discount.

Market tanggal 6 Mei 2008, sudah mencapai level overbought, sehingga sewaktu-waktu bisa terkoreksi dalam satu dua hari ini.

AALI BUY
ASII SELL INTO STRENGTH
BBCA SELL INTO STRENGTH
BBRI SELL INTO STRENGTH
BMRI SELL INTO STRENGTH
BNBR BUY
BNGA SELL INTO STRENGTH
ELTY BUY
INCO BUY
INDF BUY
ISAT BUY
MEDC BUY
PGAS BUY
PTBA BUY
TLKM SELL
UNTR SELL INTO STRENGTH

TBLA BUY, 1# Q NAIK SIGNIFICANT
SMCB BUY
BDMN BUY

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE