Thursday, January 12, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED JANUARY 12, 2012

CONSOLIDATION OR A WEAKENING MARKET ?

Market hari ini cukup fluktuatif, yang ditandai dengan pergerakan index yang sempat naik, lalu turun dan kemudian naik kembali, namun tidak cukup kuat untuk bergerak naik terus, sehingga dapat ditutup di level highest nya.
Dibuka dengan naik 2 point di pre opening, lalu naik 4 point di pembukaan sesi pertama, sempat naik tertinggi, naik 9 point, lalu melorot turun hingga akhirnya ditutup minus 6 point di level 3902.

Sesi 2 market mulai lebih tertekan, hingga minus terdalam, 18 point, namun menjelang penutupan market, index ditarik lagi hingga minus tinggal 0.1 point dan ditutup di level 3909.

Market hari ini : open 3910 high 3918 low 3890 close 3909.

Volume trading hari ini sebanyak 6 miliar saham, dengan value trading sebesar 4.4 T rupiah. Sebanyak 122 saham naik harganya, 102 tidak berubah dan 101 saham turun harganya.

Ada 3 sektor industri yang naik hari ini, Perkebunan naik 33 point, Infrastruktur naik 3 point dan properti naik 0.3 point. Selebihnya turun, dipimpin oleh sektor Pertambangan yang turun 5 point dan lain-lainnya minus 0.5 - 2 point.

Jika merujuk kepada pendalam dari naik turunnya market pada hari ini, di mana hi berada di level 3918 dan low di level 3890, masih berada di atas low dua hari lalu di level 3886, berarti ini merupakan hari kedua koreksi setelah kenaikan pada hari sebelumnya. Artinya, ada kemungkinan market besok akan mengalami rebound, apalagi didukung oleh index yang ditutup di level yang hampir sama dengan pembukaannya. Artinya market berhasil untuk bergerak naik kembali setelah sempat turun.

Namun jika dilihat dari volume transaksi hari ini yang lebih tinggi dari kemarin, membuat skenario : Market naik cukup tinggi, lalu 2 hari berturut-turut turun, namun dengan volume kecil dan kemudian hari ketiga naik, menjadi tidak valid. Karena volume hari ini bukannya kecil, malah lebih besar dari kemarin.

Jadi, untuk perdagangan besok, akan lebih cenderung kepada Sell on Strength, jika index tidak bisa melewati level 3954. Atau Trading Sell, jika bergerak di bawah level 3886.

Market 13 Januari 2012

ASII - SELL INTO STRENGTH
ASII hari ini masih tidak kuat untuk ditutup ke atas, menandakan tiadanya tenaga pendorong. Untuk trading besok, jika ASII tidak bisa melalui herga 76.600, masih akan turun lagi.

BMRI - SIDE WAYS
Untuk sementara BMRI masih tidak bergerak kemana-mana, jadi belum ada trend yang bisa dijadikan trading

BBRI - SELL INTO STRENGTH
BBRI masih mengalami tekanan jual, sehingga dibuka di atas, namun tidak bisa dipertahankan harganya. Hal ini membuka peluang untuk penurunan lebih lanjut.

BBNI - BUY ON WEAKNESS
4 hari berturut-turut BBNI bertahan di harga low 3.675. Kelihatannya untuk sementara harga ini menjadi support minor nya.

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : GGRM - ITMG - BBTN

TRADING BUY : AALI

sebagian besar saham saat ini berada dalam kondisi side ways, belum terlihat trend yang jelas, sehingga pola trading masih tetap hit and run.


Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE