Tuesday, August 19, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED AUGUST 19, 2008

IT'S STILL A HEALTHY CORRECTION !!!

Terimbas oleh market regional, market BEI kembali minus lagi pada hari ini. Market sempat minus terendah 48 point di level 2036, sebelum akhirnya ditutup minus 42 di level 2042.
Jika melihat grafik seminggu terakhir, maka level terendah indeks ada di angka 2035. Jadi jika indeks masih bergerak turun, harus melewati angka tersebut sebagai level terendah seminggu terakhir ini.

Sebenarnya, indeks hari ini turun dengan volume transaksi yang hanya separuh dari biasanya. Volume transaksi hari ini hanya 1.4 miliar lembar saham dengan nilai 2.9 T rupiah. Artinya market turun secara teknikal dan merupakan koreksi normal. Lain halnya kalau market turun sedalam hari ini dengan volume dan value yang besar sekali, barulah dapat dikatakan bahwa indeks dalam tekanan jual.

Sebagai Investor, kembali harus melihat lagi sisi fundamental dari emiten-emiten yang ada, jangan ikut-ikutan panik dan menjual barang, apalagi dengan cut loss. Karena sekaranglah saat yang tepat untuk melakukan pembelian. Seperti sering ditulis dalam blog ini, nanti jika penjualan mereda dan para investor mulai lagi berpikir secara logis, maka teori-teori keuangan akan dipakai lagi, orang akan menggunakan analisa berdasarkan EPS, P/E RASIO, BOOK VALUE, GOING CONCERN, COMPANY GROWTH, yang kesemuanya adalah analisa secara fundamental. Dan dalam rilis laporan keuangan semester I, banyak sekali emiten-emiten yang memiliki kinerja yang luar biasa. Jadi why should be scare ? why should be panic ? Extend the horizon and see the future, not just for trading only. It's an investment world, not gambling !

Market 20 Agustus 2008

AALI BOW
ASII BUY
BBCA BOW
BBRI BOW
BDMN BOW
BMRI BOW
BNBR BUY
BUMI BOW
INDF BOW
INCO BOW
ISAT BUY
LSIP BOW
PGAS BUY
PTBA BOW
TINS BOW
TLKM BUY
UNSP BOW
UNTR BOW

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE