Friday, August 1, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED AUGUST 1, 2008

MARKET BENAR-BENAR ANTIKLIMAKS !!!

Hari ini, terbalik dari kemarin, kemarin market dibuka gap up, hari ini market dibuka gap down ! Jadi gap kemarin sudah berhasil ditutup oleh gap yang hari ini.

Hari ini market turun disebabkan oleh gagalnya ekspektasi market terhadap kinerja TLKM dan BUMI. Laba bersih TLKM turun 4.8%, sedangkan BUMI masih membukukan laba bersih di atas 50% untuk semester I, hanya saja laba BUMI masih di bawah ekspektasi market.
Namun, seperti ditulis kemarin, dalam kondisi persaingan yang demikian ketat di bisnis selular, kinerja TLKM masih tidak terlalu mengecewakan.

Hari ini pun emiten-emiten second liner dan third liner yang merilis laporan keuangan semester I juga banyak yang mencetak laba bersih di atas rata-rata. Ini menunjukkan bahwa secara makro, emiten-emiten yang listed di Bursa Efek Indonesia masih bisa mempertahankan kinerja yang baik, di tengah-tengah naiknya harga minyak mentah dan harga-harga komoditi lainnya. Secara makro, ini pun menandakan bahwa kondisi ekonomi Indonesia pun tidak sejelek yang disangka orang. Buktinya ya laporan keuangan emiten-emiten di BEI.

Walau pun secara makro ekonomi dan laporan keuangan emiten-emiten yang pada umumnya bagus, tetapi secara teknikal memang market sudah overbought, sehingga koreksi yang terjadi hari ini pun sudah bisa terdeteksi kemarin.
"Karena itu, jikalau besok 1 Agustus 2008 tidak terjadi gejolak yang besar di market regional yang membuat market regional naik kencang, kelihatannya market Indonesia akan terkoreksi sebagai aksi profit taking" (blog 31 Juli 2008)

Untuk market Senin tanggal 4 Agustus 2008, walau pun secara teknikal market masih akan turun, namun penutupan market di Dowjones malam ini dan market regional Senin tetap akan berpengaruh besar terhadap market BEI hari senin nanti.

Market 4 Agustus 2008

AALI SELL INTO STRENGTH
ASII BOW -NET PROFIT #HALF NAIK 82%
BBCA BOW
BBRI BOW
BDMN BOW
BMRI BOW
BNBR BOW
BUMI SELL INTO STRENGTH
INDF BOW
INCO BOW
ISAT SELL
LSIP BOW
PGAS BOW
PTBA BOW
TLKM BOW - MASIH KUAT MARKET SUPPORTNYA
TINS BUY
UNSP SELL
UNTR SELL


WATCH FOR : INTP/SMGR/TBLA/DEWA

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE