Wednesday, August 13, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED AUGUST 13, 2008

MARKET MULAI BERBALIK ARAH, BUY !!!!

Walau pun hari ini market dibuka minus 16, bahkan sempat minus terendah 22 point dilevel 2035, tetapi akhirnya market bisa melepaskan diri dari penurunan yang lebih dalam, malah berbalik menjadi plus, sempat naik tertinggi 20 point, tetapi akhirnya ditutup naik 5.9 point di level 2063.

Namun biar bagaimana pun, walau pun indeks ditutup naik hanya 5 point, tetapi setidaknya market dapat menunjukkan perlawanan dari sisi pembeli, sehingga tekanan jual menjadi kurang dan digantikan dengan buyer market.

Kenaikan indeks hari ini banyak disumbangkan oleh sektor perbankan, beberapa emiten disektor perkebunan dan pertambangan, sedangkan beberapa emiten sektor pertambangan dan perkebunan masih stagnan atau turun. Tetapi jika dilihat dari data-data yang ada, maka penurunan harga saham-saham sektor pertambangan dan perkebunan sudah mulai tertahan, bahkan beberapa di antaranya bahkan sudah mulai berbalik arah menjadi positif.

Market atau pasar modal memang mengandung banyak unsur pembentukannya, di sana ada faktor fundamental perusahaan, ada psikologi massa, persepsi market, ketakutan, keserakahan, kepanikan, spekulasi dan lain sebagainya. Sewaktu market bullish, apa saja yang dibeli pasti naik dan semua orang menjadi napsu dan memiliki optimisme yang tinggi, bahkan cenderung terlalu optimis. Tetapi begitu market berbalik arah, pasar menjadi bearish, maka beramai-ramai orang membuang barang, cerita negatif pun dibuat, untuk dapat menunjang harga-harga yang sedang turun. Hari ini beli barang murah, besok bisa dapat lebih murah lagi.
Namun, jika faktor fundamental dan akal sehat masih bisa dipakai, maka terlihat bahwa laporan keuangan semester I dari sebagian besar emiten membukukan net profit yang naik rata-rata di atas 30%, bahkan ada beberapa yang di atas 100%, artinya ? Artinya secara fundamental, emiten-emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia masih dapat mencetak profit yang tinggi ditengah-tengah gonjang-ganjing harga minyak yang tinggi dalam semester I tahun ini. Not bad !!!

Jadi apa yang perlu ditakutkan ? Hanya satu : persepsi market yang negatif !!!
Makanya, bagi Investor pasar modal, horizon harus panjang dan fundamental harus dijunjung tinggi, walau pun teknikal diperlukan juga untuk waktu masuk dan keluar dari market, Market Timing is Everything !!!!!

Market 14 Agustus 2008 akan menjadi test case, apakah market masih tetap kuat untuk bertahan atau bahkan bisa berbalik arah dan naik kembali, atau hari ini hanya sekedar istirahat, untuk besok turun kembali ? Jika faktor fundamental yang mulai bicara, maka seharusnya market akan mulai bergerak naik kembali. Apalagi jika ditunjang dengan market regional yang naik juga. Jadi ? Berbahagialah mereka yang sudah membeli waktu market sedang terpuruk paling dalam kemarin 12 Agustus 2008 !!!

Market 14 Agustus 2008

AALI BUY
ASII BUY -NET PROFIT #HALF NAIK 82%
BBCA BUY
BBRI BUY
BDMN BUY
BMRI BUY
BNBR BUY
BUMI BUY
INDF BUY
INCO BOW
ISAT TRADING SELL
LSIP BUY
PTBA BOW
TLKM BOW
UNSP BUY
UNTR BUY

WATCH FOR : PNBN/PNLF/TBLA/MEDC/SMCB

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE