Wednesday, February 27, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED FEBRUARY 27, 2013

PASAR SAHAM INDONESIA

MARKET TOO STRONG ?

Apa yang bisa dikatakan mengenai Bursa Efek Indonesia ini ? Ternyata masih kuat sekali ! Naik 5 hari berurutan, koreksi 1 hari, naik lagi 4 hari, koreksi 1 hari, naik naik dan mencapai rekor tertinggi pada hari ini lagi. Highest point : 4721, Closing point : 4716 ! Above 4700 !

Dibuka dengan kenaikan 11 point di pre opening, Index terus melaju, naik 25 point di pembukaan regular market, terus naik lagi 36 point dalam 10 menit awal perdagangan, lalu mulai mengendor dan bertengger di range 20 - 35 point, hingga akhirnya sesi 1 ditutup naik 35 point di level 4698.

SEsi 2 langsung dibuka dengan kenaikan 39 point, dan terus bergerak di sekitar kenaikan 30 point lebih, dan akhirnya mulai bergerak di atas 40 point, hingga pencapaian tertinggi, plus 48 point di level 4721. SEsi 2 akhirnya ditutup naik 53 point di level 4716.

Market hari ini : open 4674 high 4721 low 4674 close 4716

Total volume transaksi : 7 miliar saham
Total value transaksi : 7.4 T rupiah ( termasuk crossing saham MPPA )
Jumlah saham yang naik : 199 saham
Jumlah saham yang turun : 60 saham
Jumlah saham yang statis : 95 saham

Seluruh Sektor Industri naik hari ini :
Sektor Pertambangan : 21 point
Sektor Konsumer : 20 point
Sektor Infrastruktur : 17 point
Sektor Aneka Industri : 16 point
Sektor Manufaktur : 12 point
Sektor Properti : 11 point
Sektor Perdagangan : 7 point
Sektor Keuangan : 4 point
Sektor Perkebunan : 2 point
Sektor Industri Dasar : 2 point

Dengan penutupan hari ini, membuat potensi kenaikan Index untuk besok masih terbuka, walau pun sudah berada di peak over bought, namun Market terlihat masih begitu bergairah. Jadi bisa dikatakan penurunan yang tejadi kemarin hanya koreksi sesaat saja, sebelum Index meneruskan kenaikannya kembali.
Namun demikian, untuk setiap kenaikan, apalagi Index yang terus menerus mencetak rekor tertinggi, akan mengalami kejenuhan pada satu titik, yang akan menyebabkan datangnya penjualan tiba-tiba atau profit taking dan Index akan mulai meluncur turun. Karena itu harus lebih waspada.

Karena berada diposisi puncak, sewaktu-waktu bisa terjadi market reversal. Karena itu, untuk saham-saham yang sudah profit, sebaiknya ambil profit dulu, baik sebagian mau pun seluruhnya, jika market ternyata memang sudah peak.

Untuk day trader, masih berlaku hit and run, buy high, sell higher, namun dengan resiko yang lebih besar dan range kenaikan yang lebih sempit.

Market 28 Pebruari 2013

ASII - SPECULATIVE BUY
ASII masih menyisakan tenaga untuk bergerak naik, walau pun penutupan hari ini tidak terlalu kuat, namun penutupan "Doji" masih membuka peluang untuk naik.

BMRI - SELL INTO STRENGTH
BMRI = NEW HIGH RECORD
Hari ini BMRI mencatatkan rekor tertinggi, 10.000, ditutup di 9.900, masih juga di rekor tertinggi. Walau pun harga masih bisa bergerak naik, namun itu sudah di ambang reversal, harus lebih hati-hati.

BBRI - TRADING BUY
Kenaikan BBRI dengan break out, membuat potensi kenaikannya besok masih terbuka.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Untuk sementara, BBNI masih bergerak side ways. range harga 4275 - 4400. Namun karena besok merupakan hari terakhir bulan Pebruari, bisa saja BBNI akan melakukan window dressing yang mengangkat harganya.

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : BRMS - BORN - HRUM

TRADING BUY : ADRO - EXCL - UNTR

SPECUALTIVE TRADING : MPPA - BUMI - TLKM - DKFT - TINS - ISAT

HIGH SPECULATIVE TRADING :
BKSL - KIJA - BSDE - SSIA - MDLN - WIKA - AISA - INDF - CTRS - INTP

happy trading




caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
 

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE