Monday, March 28, 2011

STOCK MARKETCOMMENT, DATED MARCH 28, 2011

Seperti yang diperkirakan hari Jumat yang lalu, ternyata memang hari ini market ditutup minus 4 point, di level 3602. Walau pun dalam sesi pagi market masih sempat naik hampir 5 point, tetapi akhirnya harus menghadapi profit taking dari para investor. Market bahkan sempat turun di level terendah, minus 26 point di level 3580.9 ! Ditopang oleh beberapa berita result yang bagus dari emiten-emiten membuat index dapat bergerak naik kembali, sehingga ditutup hanya minus 4 saja. Besok market kelihatannya masih mengantisipasi berita-berita mengenai result emiten tahun 2010, yang wajib di publikasikan paling lambat tanggal 31 Maret 2011. Investor dipastikan memburu saham-saham emiten dengan pencapaian yang luar biasa.


Lihat saja misalnya, saham Intraco Penta, dengan kode INTA, dari harga Rp. 3.100, di minggu lalu, hari ini tutup di harga Rp. 3.525 ! Luar biasa. Biasanya, begitu laporan keuangan keluar di koran, harga akan naik dengan kencang, tetapi begitu trading berlangsung 1 - 2 jam, terjadi kulminasi, harga saham mulai bergerak turun. Mengapa ? Karena kalau diamati secara lebih dalam, sebelum publikasi laporan keuangan, biasanya volume perdagangan akan mulai meningkat dan akan terus meningkat sampai laporan keuangan sudah dipublikasi !


Makanya para investor harus berhati-hati, jangan sampai membeli di harga yang sudah tinggi. Ambil contoh INTA, saham ini sudah mulai kehilangan momentum untuk naik lebih tinggi, karena sudah mulai overbought. Khusus besok, walau pun masih ada yang mencoba untuk menarik ke atas, kelihatannya saham ini akan ditutup melemah, mengapa ? Karena volume sudah tidak mendukung untuk naik dan harga yang terjadi hari ini tidak bisa bertahan di level teringginya di Rp. 3.600 dan ditutup hanya di harga Rp. 3.525. Jadi untuk mengantisipasi saham-saham yang akan bergerak sementara ini, menjelang pengumuman laporan keuangan, perhatikan volume perdagangan yang mulai meningkat, di sertai dengan harga yang mulai bergerak naik juga. Untuk saham INTA, volume mulai meningkat tanggal 10 Maret 2011, harga masih sekitar Rp. 3.000,- ! Index besok masih akan volatile, dengan kecenderungan untuk turun, walau pun beberapa saham masih akan tetap bergerak side ways. Khusus besok, perhatikan saham-saham berikut : BJBR Harga sudah naik untuk 4 hari berturut-turut. Bagi yang belum memiliki saham tersebut, besok hanya untuk trading saja. Sedangkan yang sudah memiliki, sebaiknya mulai profit taking. BORN Masih memiliki peluang untuk bergerak naik CMNP Trading buy, ditutup dengan kondisi break new high, dengan volume yang besar Happy trading !

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE