Wednesday, March 30, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED MARCH 30, 2011

Secara tidak terduga, market hari ini begitu bergairah, dipengaruhi oleh rebound market US dan bergairahnya market regional.
Market hari ini ditutup plus 49 point, di level 3640.9, dengan total value 4.7 T.

Tinggal satu hari lagi, maka semua laporan keuangan sudah harus terpublikasikan. Karena itu, besok merupakan puncak transaksi untuk saham-saham yang dipublikasikan pada hari terakhir di kwartal I 2011.

Biasanya tanggal terakhir dari setiap kwartal akan ada window dressing. Karena itu kenaikan index yang terjadi pada hari ini pun juga dapat merupakan bagian dari window dressing yang sepertinya akan terjadi besok hari.

Jika market regional besok masih terus bergairah, maka market Indonesia pun akan ikut melanjutkan kenaikannya.

Jika melihat hasil perdagangan hari ini, maka besok masih ada beberapa saham yang tadinya ada di persimpangan, seolah-olah "dipaksa" untuk bergerak naik. Karena itu, bagi investor yang hari ini memiliki long position, maka ada baiknya besok berhati-hati, jika market naik dengan volume yang kurang mendukung, maka sebaiknya melakukan profit taking.
Setiap market yang naik, harus disertai dengan volume yang besar yang mendukung kenaikannya, jika tidak, maka kenaikannya tidaklah terlalu valid.

Saham-saham yang secara teknikal masih terlihat melanjutkan rally nya, antara lain :

ELTY - Trading Buy
Hari ini naik dengan volume yang kuat, mudah-mudahan besok masih akan melanjutkan kenaikannya.

BNBR - Spekulatif Trading
Hari ini BNBR kehilangan momentumnya dengan pencapaian harga tertinggi di level 66, namun dengan volume yang melemah dibandingkan dengan kemarin. Jika besok bisa melewati harga 66, maka berarti rally masih akan berlanjut.

BANKING STOCKS : BBKP - BBNI - BJBR - BMRI
Trading Buy untuk saham-saham tersebut, kecuali hati-hati terhadap profit taking untuk saham BJBR dan BMRI

ADRO - Buy on Weakness
Saham ADRO untuk sementara masih tertekan ke bawah, tetapi jika turun merupakan kesempatan untuk membeli dengan harga murah

TLKM - Trading BUY
Baru saja melepaskan diri dari tekanan jual dan mulai bergerak ke arah positif

JSMR - Trading Buy
Setelah publikasi laporan keuangan hari ini, langsung bergerak naik dan kelihatannya akan dilanjutkan pada esok hari.

GJTL - Trading Buy
Seperti halnya TLKM, GJTL pun baru saja terlepas dari tekanan jual dan sedang bergerak ke arah positif.

CMNP - Trading Buy
Walau pun CMNP hari ini ditutup melemah, tetapi tidak disertai dengan volume yang tinggi, sehingga bisa dikatakan CMNP sementara mengalami stagnasi. Jika besok masih melemah, namun dengan volume yang tetap tipis, masih menyimpan potensi untuk naik. Rekomendasi masih Buy on weakness. Namun jika melemah dengan volume yang besar sekali, maka harus cut loss. Artinya terjadi false signal.

happy hunting !

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE