Wednesday, November 12, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED NOVEMBER 11, 2008

MARKET KONSOLIDASI, TAPI MULAI TIME TO BUY !!!

Hari ini market diperdagangkan dalam range yang sempit. Dibuka turun 8 point, lalu naik 3 point, lalu turun sampai 20 point, tetapi akhirnya ditutup turun 9 point di level 1326.

Seperti ditulis kemarin, ada beberapa saham yang mulai oversold dan mulai dapat dikoleksi kembali. Indeks sendiri terlihat mulai konsolidasi dan dalam satu dua hari ke depan akan terlihat trend yang baru. Yang terlihat adalah kecendrungan untuk bergerak naik kembali.

Terkait dengan saham BUMI, masih banyak rumor yang beredar di luar, yang sebagian besar menunjukkan sisi yang negatif. Jadi sebaiknya untuk sementara untuk saham tersebut sebaiknya wait and see dulu, sambil mengikuti pergerakan harga di pasar reguler dan pasar negosiasi. Hari ini, walau pun harga pasar reguler mulai mendekati harga pasar negosiasi, tetap tidak membuat pembeli membeli di pasar reguler.
Hari ini harga pasar reguler auto rejection ada di Rp. 1.310, sedangkan harga pasar nego meliputi harga terendah Rp. 1.085 sampai tertinggi Rp. 1.310.
Harga pasar reguler besok, jika auto rejection lagi akan menjadi Rp. 1.180, harga pasar negosoasi masih belum ada indikasi yang jelas. Jika sampai ada pembeli yang sangat besar masuk untuk membeli esok hari, barulah saham tersebut bisa bergerak lagi. Jika tidak, mungkin semua orang masih akan menunggu untuk auto rejection selanjutnya di Rp. 1.070.
Jadi untuk saham BUMI, sepanjang tidak ada pembeli besar yang masuk, sebaiknya hindari dulu, karena jika tidak ada pembeli yang bisa menderek harga, masih bisa ditunggu di harga yang lebih rendah, kenapa musti buru-buru membeli ?

Rabu, 12 Nopember 2008, saham-saham yang terlihat masih bisa bergerak :

ASII, ELTY, DEWA, UNSP, INDF, BBRI, PTBA

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE