Friday, September 26, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 26, 2008

TEMPORARY, INDEX STILL GOING DOWN !!!!

Indeks hari ini masih dibayang-bayangi oleh kondisi profit taking, sehingga dibuka dengan minus 4, tetapi sepanjang perdagangan turun terus sampai terendah minus 45 point. Indeks hari ini ditutup minus 23.9 point di level 1846.

Dari sisi teknikal, memang indeks masih terlihat belum cukup kuat dan ada kecenderungan untuk turun lagi dalam satu dua hari ke depan. Namun paling tidak, market masih memiliki support di level 1787. Ini pun kondisi terburuk kalau indeks tidak ada perlawanan.

Perdagangan hari ini diwarnai dengan penurunan saham BNII yang signifikan, hingga auto reject di harga Rp. 310. Penurunan tersebut disebabkan oleh berita bahwa Maybank diminta oleh otoritas keuangan Malaysia untuk merevisi harga pembelian saham BNII. Berita tersebut langsung membuat pemegang saham BNII menjadi panik dan melepaskan sahamnya di market, membuat harga BNII langsung terjun bebas dan tertahan di harga auto rejection tadi.
Secara book value, nilai buku saham BNII perlembar adalah Rp. 105. Jika rata-rata perbankan nasional diperdagangkan di tingkat PBV sebesar 3 x, maka kurang lebih nilai pasar saham BNII adalah sekitar Rp. 315. (Bandingkan dengan BMRI yang sekitar 2 x, BBRI, BBCA yang berada di atas 3 x, BDMN 2.5 x dan BBNI 1,1 x)

Senin 29 September 2008 merupakan hari terjepit, karena itu transaksinya tidak akan begitu bergairah, mengingat sebagian besar investor sudah libur.

Market 29 September 2008

AALI SELL INTO STRENGTH
ANTM SELL
ASII BOW
BBCA SELL INTO STRENGTH
BBRI SELL INTO STRENGTH
BDMN BOW
BMRI SELL INTO STRENGTH
BNBR BOW
BUMI BOW
INDF BUY
INCO SELL INTO STRENGTH
LSIP SELL INTO STRENGTH
PGAS SELL INTO STRENGTH
PTBA SELL INTO STRENGTH
TINS SELL INTO STRENGTH
TLKM BUY
UNSP BOW
UNTR BOW

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE