Wednesday, September 10, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 10, 2008

DON'T WORRY, THERE IS ALWAYS SUNSHINE BEHIND THE CLOUD !!!!

Hari ini market kembali terjengkang untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dalam 3 hari perdagangan terakhir. Dibuka dengan gap down, minus 40 point, walau pun kemudian sempat rebound sebentar tinggal minus 30, tetapi kemudian meluncur lagi turun sampai turun terdalam minus 88 point di level 1869, akhirnya indeks ditutup minus 73 point di level 1885.

Seperti ditulis dalam blog ini kemarin, support indeks ada disekitar angka 1863, artinya jika indeks hari ini menyentuh level 1869, dapat juga diartikan bahwa indeks sudah menyentuh titik terendahnya sepanjang satu tahun terakhir ini.

Hari ini, kelihatan kepanikan melanda pasar secara meluas, terutama saham-saham grup Bakrie yang didominasi oleh saham BUMI. Khusus saham BUMI, banyak rumor yang beredar, mulai dari urusan REPO, BUY BACK SAHAM, penurunan harga minyak bumi dan batu bara. Ada lagi rumor mengenai Convertible Bond yang diexercise oleh Bond Holdernya di minggu-minggu terakhir ini. Jika rumor terakhir ini yang benar, maka sesudah penjualannya selesai, maka harga saham BUMI seharusnya akan berbalik naik kembali. Karena itu, jika memiliki jantung yang kuat, boleh BUY BUMI on WEAKNESS.

Kembali kepada indeks market sendiri, secara teknikal, dari perdagangan yang terjadi hari ini, maka seharusnya market akan REBOUND untuk perdagangan besok hari. Karena memang secara 3 hari berturut-turut market dibuka gap down dan biasanya sesudah 3 kali gap down, market akan rebound kembali. Mudah-mudahan theori ini masih berlaku besok. Semoga !

Jika melihat market secara fundamental, sebenarnya saat inilah kesempatan yang baik untuk melakukan pembelian, karena secara fundamental masih banyak saham yang tidak berhubungan dengan komoditas, tetapi harganya ikut turun, sebut saja sektor otomotif, perbankan, telekomunikasi, consumer goods, industri, dan lainnya, yang sebagian besar masih bagus kinerjanya.
Jadi sekarang tergantung kepada masing-masing investor, jika agresif, bisa membeli dalam jumlah yang besar, jika konservatif, bisa membeli secara gradual tidak sekaligus.

Market 11 September 2008

AALI BOW
ANTM BOW
ASII BUY
BBCA BUY
BBRI BUY
BDMN BUY
BMRI BUY
BNBR BOW
BUMI BUY
INDF BUY
INCO BOW
LSIP BOW
PGAS BOW
PTBA BOW
TINS BOW
TLKM BUY
UNSP BOW
UNTR BUY

WATCH FOR : INKP/APEX

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE