Tuesday, April 8, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED APRIL 8, 2008

Dari tanggal 5 April sampai dengan tanggal 7 April 2008, blogspot.com sama sekali tidak dapat diakses, menyebabkan penulisan market comment untuk
7 April 2008 menjadi terganggu.
Baru hari ini blogspot.com dapat diakses kembali.


AKANKAH INDEX AKAN MENGARAH KE 2060 ?????

Hari ini, indeks kembali terimbas oleh bursa regional yang hampir semuanya merah, walau pun berusaha bertahan pada sesi I, akhirnya ditutup "rontok" minus 37 point di level 2249.

Judul di atas, "Akankah Index akan mengarah ke 2060 ????" merupakan skenario pesimistis, jika market tidak bisa bertahan dilevel 2200, yang selama satu bulan terakhir ini menjadi titik supportnya. Jika dalam kondisi terburuk, index menembus level 2200, dengan volume yang significant, barulah terbuka kemungkinan indeks mengarah ke level 2060.

Untuk sementara ini, market sebenarnya sudah masuk dalam kondisi oversold, jadi secara teknikal, untuk jangka pendek, penurunan indeks akan lebih terbatas, bahkan indeks masih bisa rebound, sambil mencari harga keseimbangan baru.

Strategi yang harus dilakukan dalam kondisi market yang demikian, tetap bertumpu pada saham-saham bluechip, beli waktu sahamnya tertekan dalam dan jual waktu market rebound.

Sedikit ulasan mengenai ASII. Selama sepekan ASII sudah terkoreksi demikian dalam, dari level tertinggi di Rp. 24.700 pada tanggal 1 April 2008, hari ini ditutup di harga Rp. 18.350.
Ketakutan utama terhadap ASII adalah inflasi yang tinggi, akan menyebabkan kenaikan interest rate, yang ujung-ujungnya akan mengurangi pembelian mobil secara kredit. Kenaikan bahan baku produksi juga akan memaksa Astra untuk menaikkan harga jual, yang sekali lagi akan memangkas penjualan. Belum lagi kalau subsidi BBM akhirnya jadi dikurangi oleh pemerintah, semuanya itu akan memperparah kondisi ASII.
Namun, yang mungkin terlupakan adalah bahwa ASII tidak hanya identik dengan mobil dan motor. ASII adalah sebuah konggromerat, yang selama ini terbukti bisa melewati berbagai gejolak ekonomi. Don't worry about ASII, "HE" will takecare of "himself." Jadi, rekomendasi untuk ASII tetap BUY.

Market tanggal 9 April 2008

AALI BUY
ANTM BOW
ASII BOW
BBCA BUY
BBRI BOW
BMRI BOW
BNBR BUY
BUMI BUY
ELTY BOW
INDF BUY
MEDC BUY
PGAS BOW
PTBA BUY
TLKM BUY
UNSP BUY
UNTR BUY



No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE