Thursday, April 3, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED APRIL 3, 2008

KAPANKAH TEKANAN JUAL AKAN MEREDA ?

Bagi mereka yang masih baru di pasar modal, market Indonesia benar-benar akan menjadi momok bagi mereka. Bagaimana tidak, berhari-hari, market turun dengan angka yang tajam. Dibuka dengan kenaikan indeks, tetapi mendadak langsung minus dalam. Sedangkan market regional yang lainnya begitu kuat kenaikannya.

Penurunan indeks yang demikian tajam juga disebabkan oleh angka indeks yang sudah berada di level 2000, jadi minus 50 - 70 point dalam sehari merupakan sesuatu yang wajar. Lain halnya dengan pasar di waktu lalu yang hanya naik/turun dalam kisaran 10 - 20 point perhari, karena indeks masih di level 1000 - 1500.

Tekanan jual yang melanda pasar modal Indonesia kali ini lebih banyak dilakukan oleh broker-broker asing. Issue inflasi menjadi salah satu alasan untuk melakukan penjualan, di samping alasan-alasan teknis yang lain.
Secara psychologis, penjualan yang masif akan memicu panic selling di market dan kelihatannya hal inilah yang sedang melanda pasar modal Indonesia sekarang ini. Pengaruh psychologis akan mengalahkan alasan-alasan logis mengenai fundamental emiten.

Sekarang pertanyaannya, sampai seberapa dalam kah market akan turun lagi, atau di level berapa kah tingkat support market ini ?
Untuk menjawab kedua pertanyaan ini, dalam kondisi market yang sedang "chaos", tidak akan didapatkan jawaban yang pasti.
Yang bisa dilakukan adalah memantau secara ketat, apakah tekanan jual masih tetap ada dan sampai dilevel mana tekanan tersebut mulai mereda.
Ketika tekanan jual mulai mereda, di situlah saatnya untuk mulai masuk ke market, apalagi kalau tekanan jual mereda disertai dengan aksi beli yang mulai agresif.

Secara teknis, seharusnya market sudah mulai memasuki level oversold dan akan rebound kembali dalam satu dua hari perdagangan ke depan. Sewaktu-waktu market bisa rebound kembali.

Market tanggal 4 April 2008

AALI MASIH TURUN, TETAPI SEWAKTU-WAKTU BISA REBOUND - BOW
ANTM MASIH TURUN, TETAPI SEWAKTU-WAKTU BISA REBOUND - BOW
ASII BUY
BBCA SELL
BBNI BOW
BBRI SELL
BMRI SELL
BNBR SELL
BNGA SELL
BTEL BUY
BUMI MASIH AKAN TURUN, TETAPI MULAI MASUK LEVEL OVERSOLD
ELTY BOW
ENRG BOW
INCO SELL
INDF BOW
ISAT SELL
PGAS SELL
PTBA BOW
TLKM SELL
UNSP BOW
UNTR SELL

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE