Sunday, March 10, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED MARCH 8, 2013


PASAR SAHAM INDONESIA

IS'T A SHOOTING STAR PATTERN ?

Hari ini Index kembali mencapai rekor tertinggi baru, level 4904, walau pun tidak ditutup di level tertinggi, tetapi di level pertengahan, 4874, juga merupakan penutupan tertinggi.

Dibuka dengan kenaikan 5 point di pre opening, terus naik lagi 18 point di pembukaan regular, Index terus bergerak naik, bahkan mencapai rekor tertinggi dalam satu setengah jam perdagangan, naik 56 point di level 4904, yang merupakan rekor tertinggi baru. Sesudah itu Index mulai mengendur, hingga Sesi 1 ditutup tinggal naik 23 point di level 4871.

Walau pun sesi 2 tetap berada di teritori positif, namun Index tidak bergerak banyak, mayoritas bergerak naik ke range trading antara 20 - 35 point. Sesi 2 ditutup naik 26 point di level 4874.

Market hari ini : open 4854 high 4904 low 4853 close 4874

Total volume trading hari ini : 8.9 miliar saham
Total value trading : 7.7 T rupiah (termasuk crossing saham LPPF)
Jumlah saham yang naik : 141 saham
Jumlah saham yang turun : 109 saham
Jumlah saham yang statis : 113 saham

Sektor Industri yang naik :
Sektor Pertambangan : 21 point
Sektor Aneka Industri : 16 point
Sektor Perdagangan : 10 point
Sektor Manufaktur : 7 point
Sektor Industri Dasar : 3 point
Sektor Konsumer : 2 point
Sektor Keuangan : 2 point
Sektor Infrastruktur : 1.7 point
Sektor Properti : 1.4 point

Sektor Industri yang turun, hanya 1 :
Sektor Perkebunan : -4 point

Dengan penutupan Index hari ini membentuk pola mendekati pola "shooting star", membuat perdagangan minggu depan akan rentan terhadap reversal market untuk sementara. Walau pun untuk syarat shooting star, kaki candle harus lebih panjang lagi. Namun biar bagaimana pun, ketidak kuatan Buyers untuk mempertahankan Index di atas menandakan adanya tekanan jual yang mulai masuk dan membuat Buyers mulai terdesak. Karena itu, untuk perdagangan minggu depan harus lebih waspada.

Market 11 Maret 2013

ASII - SPECULATIVE TRADING
Setelah penutupan hari ini yang berada di harga tertinggi hariannya, ASII masih berpotensi untuk meneruskan kenaikannya pada perdagangan minggu depan. Hanya saja pergerakannya akan lebih terbatas, karena itu akan lebih speculative sifat perdagangannya.

BMRI - SPECULATIVE TRADING
Seharusnya BMRI akan terus naik, meneruskan pergerakannya kemarin, tetapi karena penutupannya yang tidak bisa bertahan di harga tertinggi harian, membuat pergerakan naik nya menjadi kurang solid. Karena itu tradingnya menjadi lebih spekulative.

BBRI - TRADING BUY
Hari ini BBRI berhasil bertahan di harga high nya, walau pun bukan harga tertinggi harian. Hal ini membuat potensi kenaikannya menjadi tetap terbuka untuk perdagangan minggu depan.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Harga yang terkonsolidasi selama minggu ini membuat kenaikan BBNI menjadi tetahan. Untuk sementara BBNI terlihat masih bergerak side ways, dengan kecenderungan untuk menurun. Harga resisten terdekat adalah 4.900.

MORE TRADING IDEAS

SPECULATIVE TRADING : BORN - HRUM - CPIN - MAIN - BBCA - PTBA

HIGH SPECULATIVE TRADING : ENRG - BHIT - LCGP - MDLN - MNCN - TOTL

happy speculative trading




caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
 

  

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE