Thursday, March 28, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED MARCH 28, 2013

PASAR SAHAM INDONESIA

ANOTHER NEW HIGH RECORD 4940 !

Hari ini Index kembali menorehkan rekor tertinggi baru, walau pun terkesan agak dipaksakan. Karena Index sepanjang hari bergerak di teritori negatif, barulah benar-benar positif sepenuhnya waktu penutupan terakhir.

Dibuka dengan minus 6 point di pre opening market, lalu minus lagi 14 point di pembukaan regular, Index sempat minus sampai di atas 20 point, lalu berangsur-angsur membaik, bahkan sempat positif sebentar, lalu turun lagi hingga sesi 1 ditutup dengan minus 23 point di level 4904.

Sesi 2 Index tetap berada di teritori negatif, walau pun minus berada di bawah 20 point. Hingga jedah trading di 15.50, Index masih minus 14 point, tetapi pada jam perdagangan tambahan, Index ditarik hingga naik 12 point di level 4940.
Jadi kenaikan atau rekor hari ini seolah-olah menjadi "window dressing".

Market hari ini : open 4921 high 4940 low 4898 close 4940

Total volume trading hari ini : 7.8 miliar saham
Total value trading : 7.1 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 129 saham
Jumlah saham yang turun : 140 saham
Jumlah saham yang statis : 103 saham 

Sektor Industri yang naik :
Sektor Infrastruktur : 12 point
Sektor Konsumer : 10 point
Sektor Keuangan : 4 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Aneka Industri : -9 point
Sektor Pertambangan : -9 point
Sektor Industri Dasar : -3 point
Sektor Manufaktur : -1 point
Sektor Perkebunan : -1 point
Sektor Perdagangan : -0.5 point
Sektor Properti : -0.4 point

Dengan Index yang ditutup di level tertinggi pada hari ini, seharusnya membuka peluang untuk kenaikan lebih lanjut. Tetapi karena kenaikan yang terjadi hari ini seolah-olah "dipaksakan", membuat perdagangan pada minggu depan akan lebih fluktuatif.
Jadi untuk perdagangan minggu depan, akan lebih besar kecenderungan untuk turun dulu beberapa saat, atau market mengalami stagnasi dulu.

Market 1 April 2013

ASII - SPECULATIVE TRADING
Hari ini ASII tidak berhasil meneruskan kenaikannya, walau pun masih berhasil ditutup di harga tertinggi, sama dengan harga pembukaan. JIka minggu depan ASII tidak bisa melewati harga 7.950, berarti harga akan stagnan atau malah bergerak turun.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Kembali hari  ini BMRI tidak berhasil melewati harga 10.050, bahkan volume hari ini malah makin menciut. Karena itu, jika minggu depan BMRI tidak juga menembus harga tersebut, sebaiknya lakukan penjualan. Namun jika level 10.050 bisa dilewati dengan volume besar, malah sebaliknya, Buy on break out.

BBRI - BUY ON BREAK OUT
Jika minggu depan BBRI bisa menembus 8.850/8.900/9.000, harga masih bisa bergerak naik, jika tidak, sebaiknya lakukan penjulan dulu.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Setelah naik dengan agresif 2 hari berturut-turut, hari ini kenaikan BBNI mulai melemah, bisa saja mengalami stagnasi sementara, bisa saja harga mulai akan berbalik arah. Karena itu, harga juga akan bergerak jika bisa melewati 5.100 dengan volume besar. Jika tidak, maka akan konsolidasi dulu.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : META - MSKY

TRADING BUY : CPIN

SPECULATIVE TRADING :  SIMP - INDF - HEXA



Happy profit taking

caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment




No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE