Monday, March 25, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED MARCH 25, 2013

PASAR SAHAM INDONESIA

IS'T A BULLISH HARAMI ?

Pergerakan Index hari ini yang dibuka dengan level di atas penutupan kemarin, tetapi ditutup masih di bawah pembukaan kemarin, mengindikasikan pola Bullish Harami. Walau pun validasi pola tersebut perlu diuji pada perdagangan besok. Karena pola Bullish Harami biasanya terjadi dalam kondisi Index yang mengalami penurunan yang cukup panjang. Sedangkan sampai dengan hari ini, boleh dianggap Index baru turun 3 hari perdagangan, karena beberapa hari sebelumnya Index bergerak side ways. Namun penurunan yang dalam sehari sebelumnya dan pembukaan dan penutupan hari ini masuk kriteria Bullish Harami. Karena itu, jika besok Index bergerak naik, apalagi mengalami Gap Up lagi, berarti confirm, ini adalah Bullish Harami, karena itu Investor harusnya Buy !

Dibuka dengan kenaikan 31 point di pre opening, lalu langsung naik lagi 50 point di pembukaan regular, Index masih bergerak naik hingga kenaikan tertinggi, 63 point dalam 10 menit pertama perdagangan. Kemudian Index berangsur melorot, hingga sesi 1 ditutup naik 39 point di level 4762.

Sesi 2 Index tetap berada di teritori positif, bahkan sempat bergerak naik lagi di atas 50 point dan bertahan terus hingga akhirnya ditutup naik 54 point di level 4777.

Market hari ini : open 4754 high 4786 low 4752 close 4777

Total volume trading hari ini : 7.9 miliar saham
Total value trading : 20.9 T rupiah (termasuk crossing saham LPPF)
Jumlah saham yang naik : 179 saham
Jumlah saham yang turun : 85 saham
Jumlah saham yang statis : 96 saham

Sektor Industri yang naik :
Sektor Konsumer : 40 point
Sektor Aneka Industri : 24 point
Sektor Manufaktur : 23 point
Sektor Perkebunan : 20 point
Sektor Properti : 10 point
Sektor Infrastruktur : 9 point
Sektor Industri Dasar : 8 point
Sektor Keuangan : 7 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Pertambangan : -4 point
SEktor Perdagangan : -3 point

Dengan penutupan hari ini, berdasarkan pola candle yang terjadi, seharusnya Index masih berpeluang untuk bergerak naik lagi pada perdagangan besok. Apalagi jika pola Bullish Harami terkonfirmasi, berarti market berada dalam treend naik kembali.

Market 26 Maret 2013

ASII - TRADING BUY
Setelah ditutup di harga terendah kemarin, hari ini ASII mulai bergerak naik, tetapi belum sampai kekuatan penuh, karena hari ini masih ditutup dengan doji atau tutup di harga pembukaan. Namun dengan penutupan ini pun menandakan masuk kembalinya Buyers untuk membawa ASII naik kembali.

BMRI - BUY ON WEAKNESS
Untuk sementara BMRI masih bergerak side ways, dengan support di sekitar 9450, namun dengan stochastic yang sudah mulai bergerak ke area trading, seharusnya besok BMRI juga akan bergerak naik. Hanya saja untuk lebih pasti, tunggu melemah baru masuk, jika tidak melemah,  boleh masuk mengikuti kenaikannya.

BBRI - BUY ON WEAKNESS
BBRI juga memiliki pola yang sama dengan Index, ditutup dengan membentuk bullish harami, jadi untuk besok lebih memiliki peluang untuk bergerak naik kembali.

BBNI - BUY ON WEAKNESS
Setelah turun dalam kemarin, hari ini BBNI berhasil dibuka di atas harga penutupan dan ditutup di harga atasnya. Ini menandakan masih adanya kekuatan beli yang masuk untuk mensupport harga, sehingga tidak semakin terpuruk. Jika hari ini BBNI bisa mempertahankan harga tetap di atas hari ini, berarti akan mulai bergerak naik lagi, jika tidak, maka masih akan bergerak side ways dulu untuk sementara.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : ADRO - PTRO - BWPT - INDF - INDY - HRUM - SIMP - HEXA

TRADING BUY : KLBF - SMGR

SPECULATIVE TRADING : APLN - BJBR - CTRS - BBCA - PTBA - ICBP

happy trading



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment




No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE