Friday, April 8, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED APRIL 8, 2011

Sesudah kemarin mengalami volitalitas yang begitu tinggi, hari ini market kembali menunjukkan keperkasaannya ! Walau pun sempat minus 6.5, tetapi akhirnya ditutup menguat, naik 11 point di level 3741.8 !

Hari ini market tetap didominasi oleh saham-saham second liner dan saham-saham yang selama ini "tidur", walau pun saham-saham berkapitalisasi besar juga tidak berkurang perdagangannya. Sebanyak 113 saham naik, 86 turun dan 91 saham stagnant.
Transaksi hari ini juga ditandai dengan crossing saham BRAU.

Melihat pola perdagangan hari ini, sulit untuk membaca arah trend perdagangan untuk hari Senin, 11 April 2011, apalagi banyak hal yang bisa terjadi dalam 3 hari ke depan.
Kelihatannya market akan mengikuti pola perdagangan regional, baik US market, mau pun regional pada hari Senin nanti.

Secara teknikal. baik index mau pun saham-saham secara individu sudah berada dalam kondisi overbought, jadi sewaktu-waktu bisa terjadi pembalikan trend, baik karena profit taking mau pun hal-hal yang di luar perkiraan.

Jadi untuk rekomendasi hari Senin, mayoritas adalah Spekulative Buy, mengingat resiko yang lebih besar dibandingkan dengan minggu-minggu lalu.
Sekarang timbul pertanyaan, jika market sudah overbought, kenapa tetap bergerak naik terus ? Investor disarankan untuk Jual, tetapi harga saham tetap bergerak naik ?
Jawabannya adalah : Inilah Market, tidak ada seorang pun yang dapat memprediksi dengan pasti pergerakan saham, karena itu, investor harus selalu mengukur resiko kerugian sebelum masuk market, jangan hanya membayangkan keuntungannya saja.

Kenaikan saham-saham dalam satu minggu terakhir ini juga merupakan respon pasar terhadap publikasi laporan keuangan tahun 2010 yang rata-rata mengalami kenaikan net profit di atas 25%. Hal ini membuat market "bergairah", walau pun dibayang-bayangi oleh kondisi market yang sudah jenuh beli.

Setelah ini, investor akan menghitung kembali, proyeksi kinerja emiten-emiten tahun 2011, apakah kenaikannya masih akan sebaik tahun 2010 ? Jika iya, maka harga saham-saham masih tetap melanjutkan kenaikannya, jika tidak, maka akan terjadi penjualan terhadap saham-saham yang sudah naik terlalu tinggi.

Perlu diingat, setelah publikasi laporan keuangan tahun 2010, akan disusul dengan kinerja kwartal I, RUPS yang biasanya membahas deviden tahunan untuk laporan keuangan tahun 2010. Mudah-mudahan nilai deviden tahun ini akan cukup besar, untuk memberikan apresiasi kepada para pemegang saham.

Market Senin 11 April 2011

ASII - Trading Sell
ASII dibuka dengan kuat, tetapi tidak dapat mempertahankan kekuatannya, sehingga harus ditutup dengan harga di bawah.

BMRI - Speculative Buy
Pergerakan saham BMRI hari ini masih mengindikasikan adanya permintaan yang kuat terhadap saham tersebut, namun mengingat BMRI sudah berada dalam kondisi overbought, maka untuk trading, harus ekstra hati-hati.

BBRI - Sell into Strength
Untuk BBRI, sebaiknya profit taking, mengikuti kenaikan harganya

BBNI - Trading Sell

SMGR - Speculative Buy
Ada resistensi di harga 9.800

UNVR - Buy on Weakness
Secara mengejutkan, UNVR tidak mendapat perlawanan untuk naik, sebaliknya, walau pun 2 hari terakhir tekanan jual sudah mulai berkurang, hari ini malah tekanan jual bertambah, membuat UNVR terjenkang kembali.

SPECULATIVE BUY : KLBF, TINS, MYOR, BISI, INCO, PGAS, ITMG, BRPT

caleb limuel
m-one.megaci.com

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE