Thursday, April 7, 2011

MARKET COMMENT, DATED APRIL 7, 2011

BE CAUTIOUS OF THE VOLATILITY OF MARKET !

Hari ini begitu sukar untuk menebak arah pergerakan index. Dibuka dengan plus 12, lalu minus 3, kemudian naik lagi hampir sepanjang sesi 1, dibuka plus sebentar di sesi 2, lalu melorot terus sepanjang sesi 2, minus terendah 23, tetapi akhirnya ditutup plus 2.7 di level 3730.5 ! What a trading day !
Bagi investor yang malakukan day trade hari ini, mungkin saja jantungnya berpacu lebih kencang hari ini. Sahamnya naik, turun, naik lagi, turun lagi, tidak naik naik kembali.

Seperti juga hari kemarin, hari ini seolah-olah saham yang ramai berpindah, kemarin sektor perkebunan banyak yang turun, hari ini malah sektor perkebunan naik.
Saham-saham yang naik hari ini pun banyak yang "asing", RDTX, FAST, MBAI, SCCO, LION, INDS, IKBI, LPIN, PLIN, SSTM DAN LAIN-LAIN.

Seperti disitir kemarin, kelihatan seperti ada "invisible hands" yang berusaha menahan market agar tidak turun, atau setidaknya tidak turun terlalu dalam. Padahal, secara teknikal, Index sendiri masih dalam posisi over bought dan sebagian besar saham-saham berkapitalisasi besar juga dalam kondisi yang sama, over bought.
Namun market memang mencerminkan manusia yang bermain di dalamnya. Ketika para investor masih memiliki trust, maka market masih akan tetap bergerak naik. Apalagi jika pilihan yang ada hanya segelintir saham yang berfundamental bagus, maka saham-saham tersebut yang akan diburu, tidak soal berapa harganya.

Index secara umum besok masih ada dipersimpangan jalan, secara stocastic, masih berada di wilayah over bought, tetapi melihat trend perdagangan hari ini, di mana index berhasil dikerek ke atas pada saat-saat terakhir, mengindikasikan adanya kekuatan yang berusaha untuk membuat index tetap positif.
Namun biar bagaimana pun, index bisa saja naik atau turun, tetapi yang lebih penting adalah para investor tidak salah arah dalam melakukan pembelian mau pun penjualan, Buy Low Sell High, jangan sebaliknya.

Market 8 April 2011

ASII - Trading Sell
Setelah dibuka diharga tertinggi 58.500, namun tidak berhasil mempertahankan harganya, kemudian melorot terus dan akhirnya ditutup di harga 57.600. Artinya ASII tidak dapat menembus harga resistensinya di 58.500, Sell

ADRO - Trading Sell
Begitu juga dengan ADRO, masih belum kuat untuk menembus resistensenya di harga 2.350, akhirnya dibawa turun kembali. Namun ADRO masih bisa dilakukan Buy on Weakness, jika harga dapat mendekati 2.200

BMRI - BBRI - BBNI - Sell into Strength
Terutama BBRI sudah hampir mencapai titik tertinggi di harga 6.400, harga all time high ! Khusus BBRI, jika bisa mencapai harga peak di 6.400, akan membentuk pola cup and handle, artinya target harga ke depan akan sangat signifikan !
Untuk BMRI, jika bisa tembus 6.900 dan menjadi support level juga berpotensi untuk naik lebih tinggi lagi.

SMGR - Trading Buy
Tekanan jual untuk SMGR mulai berkurang, jadi besok masih ada potensi untuk bergerak naik. Namun jika break 9.400, sebaiknya cut loss dulu

UNVR - Buy on Weakness
UNVR masih sedang konsolidasi, untuk sementara belum terlihat trend naik atau turun nya, namun karena harganya masih di bawah dan kondisi sementara masih over sold, maka kemungkinan naik masih ada.

TRADING BUY : GGRM, AALI, PGAS,

SPECULATIVE BUY : BISI, INDF, BJBR, ADHI, DOID, CMNP, BBCA, KLBF, GJTL

caleb limuel
http://m-one.megaci.com

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE