Thursday, March 7, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED MARCH 7, 2013

PASAR SAHAM INDONESIA

ANOTHER HIGH RECORD... BEWARE OF LAST GAP !

Hari ini Index kembali bergerak naik, walau pun kenaikan hari ini mulai terbatas, tidak setinggi kemarin.
Dibuka dengan minus 1 point di pre opening, lalu minus lagi 3 point di regular market, namun pelan tapi pasti Index mulai bergerak naik, walau pun dalam range rata-rata 10 - 20 point sepanjang sesi 1. Akhirnya sesi 1 ditutup naik 5 point di level 4830.

Sesi 2 Index masih tetap bergerak naik, dari kenaikan 5 point di penutupan sesi 1, naik hingga 10 point lebih, namun sempat mengalami koreksi hingga tinggal naik di bawah 10 point, akhirnya Index ditutup naik 23 point di level 4848. New High Record !

Market hari ini : open 4823 high 4848 low 4818 close 4848

Total volume transaksi hari ini : 6.7 miliar saham
Total value transaksi : 6.3 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 154 saham
Jumlah saham yang turun : 105 saham
Jumlah saham yang statis : 95 saham

Sektor Industri yang naik :
Sektor Aneka Industri : 13 point
Sektor Properti : 11 point
Sektor Konsumer : 9 point
Sektor Manufaktur : 9 point
Sektor Perdagangan : 8 point
Sektor Industri Dasar : 4 point
Sektor Keuangan : 4 point
Sektor Perkebunan : 1.7 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Infrastruktur : -11 point
Sektor Pertambangan : -9 point

Dengan penutupan hari ini, terlihat bahwa kenaikan Index sudah mulai tertahan. Bandingkan dengan kenaikan kemarin yang cukup tinggi, hari ini hanya naik sepertiganya saja.
Yang perlu diperhatikan adalah pencapaian rekor tertinggi saat ini masih di peak over bought Index, jadi sewaktu-waktu bisa terjadi reversal.
Reversal yang paling solid adalah jika terjadi gap yang terakhir, yang biasa disebut Exhausted Gap, yang akan disertai dengan penurunan market. Artinya kekuatan beli sudah tidak kuat untuk menahan penjulan yang terjadi.

Jadi perlu berhati-hati untuk tidak terjebak kepada Bullish Trap, harus waspada terhadap penurunan secara tiba-tiba. Karena itu, untuk saham yang sudah profit, sebaiknya perlahan-lahan lakukan profit taking. Untuk trading, sebaiknya lakukan dengan cepat, hit and run, jangan pegang terlalu lama.

Akhirnya, siap kan cash untuk menampung jika nanti Index terkoreksi, untuk lakukan bargain hunting ! Jangan malah sebaliknya, Index turun, namun portfolio masih menggantung di harga atas, karena tidak mau ambil untung atau pun tidak mau cut loss waktu salah posisi.

Market 8 Maret 2013

ASII - SPECULATIVE TRADING
Akhirnya hari ini ASII berhasil melewati harga 8.150 dan bisa bertahan di harga tertinggi harian di 8.200. Dengan penutupan ini membuat harga akan bergerak naik lagi pada perdagangan besok. Hanya saja karena ASII sudah berada di peak over bought, karena itu, resikonya akan lebih besar. Untuk trading, sebaiknya Hit and Run untuk ASII.

BMRI - TRADING BUY
Setelah tertahan beberapa hari, akhirnya BMRI bisa fight back dan bergerak naik kembali.

BBRI - BUY ON WEAKNESS
Untuk satu dua hari ini, BBRI masih konsolidasi di harga sekitar 8500 - 8600. Namun tidak tertutup kemungkinan BBRI akan bounce back juga pada perdagangan besok.

BBNI - SPECULATIVE TRADING
Hasil penutupan hari ini membuat pergerakan harga BBNI menjadi kuat kembali. Harga terlihat sedang bergerak naik kembali. Namun karena masih berada di area over bought, maka harus berhati-hati juga.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS :
UNSP - BRMS - BRAU - BORN

SPECULATIVE TRADING :
MDLN - TELE - VIVA - MTLA - ADRO - INAF - TOTL - BBCA - CPIN

HIGH SPECULATIVE TRADING : 
SSIA - CMNP - KAEF - ARNA - MAIN - UNTR

happy speculative trading




caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
 

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE