Friday, March 1, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED MARCH 1, 2013

PASAR SAHAM INDONESIA

THE TREND STILL THERE !

Index kelihatannya masih menyimpan kekuatan untuk naik, walau pun kenaikan hari ini tidak sekuat kemarin, namun paling tidak dalam 1 minggu ke depan, Index masih akan bertahan. Seperti tulisan kemarin, dengan adanya Gap Up, tinggal menunggu gap berikutnya, apakah merupakan gap kedua atau yang terakhir. Jika dapat menentukan jenis gap nya, maka bisa di prediksi trend berikutnya.

Dibuka dengan naik 2 point saja di pre opening, diikuti dengan naik 4 point lagi di pembukan regular, Index masih bisa bergerak naik hingga plus di atas 10 point, dalam setengah jam perdagangan pertama, lalu mulai mengendor dan turun ke teritori negatif, namun hanya turun hingga minus 17 point dan hanya berlangsung kurang dari 1 jam lamanya. Setelah itu Index mulai positif kembali, hingga sesi 1 ditutup naik 0.6 point di level 4796.

Sesi 2 Index tetap bergerak naik dan di sepanjang sesi 2, Index berada diteritori positif, bahkan sempat mencapai level tertinggi, naik 22 point di level "New High Record" lagi, 4817. SEsi 2 akhirnya ditutup naik 15 point di level 4811. Rekor penutupan tertinggi juga !

Market hari ini : open 4798 high 4817 low 4777 close 4811

Total volume trading : 7.3 miliar saham (termasuk crossing saham MPPA)
Total value trading : 7.8 T rupiah
Total saham yang naik : 140 saham
Total saham yang turun : 130 saham
Total saham yang statis : 87 saham

Sektor Industri yang naik :
Sektor Aneka Industri : 21 point
Sektor Manufaktur : 15 point
Sektor Industri Dasar : 14 point
Sektor Infrastruktur : 12 point
Sektor Konsumer : 4 point
Sektor Perdagangan : 4 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Pertambangan : -16 point
Sektor Keuangan : -5 point
Sektor Perkebunan : -2 point
Sektor Properti : -0.4 point

Dengan penutupan hari ini, masih membuka peluang Index untuk bergerak naik pada perdagangan minggu depan. Namun yang harus diwaspadai adalah Stochastic yang sudah peak over bought, gap up yang sudah ada, sehingga akan membuka peluang untuk reversal market yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Karena itu, untuk sementara ini, sebaiknya tidak mengejar saham yang sudah naik terlalu tinggi, malah harus melakukan aksi profit taking. Jika ingin melakukan short trading, pilih saham-saham yang baru mulai bergerak naik dan dengan volume besar, tapi dengan trading pendek, beli dan jual cepat.

Market 4 Maret 2013

ASII - SPECULATIVE TRADING
ASII masih membuka peluang untuk kenaikan, walau pun stochastic sudah mendekati peak over bought, namun kekuatan beli ASII masih cukup besar. Resistensi ASII adalah high record di harga 8.300.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Akhirnya, BMRI mulai mengalami  koreksi, setelah naik hingga mencapai rekor tertinggi. Untuk sementara harga akan bergerak untuk menemukan keseimbangan baru.

BBRI - SELL ON STRENGTH
Untuk sementara BBRI juga akan mengalami konsolidasi, hingga harga menemukan keseimbangan baru, sesudah itu barulah terlihat trend berikutnya.

BBNI - SELL INTO STRENGTH
Dengan penutupan hari ini, BBNI masih terlihat kuat untuk bergerak naik, namun stochastic yang sudah berada di peak over bought, membuat BBNI akan rentan terhadap reversal secara tiba-tiba karena aksi profit taking.   

MORE TRADING IDEAS

SPECULATIVE TRADING : ENRG - MLPL - PNLF - DGIK - BORN - ANTM - GGRM - BRAU

HIGH SPECULATIVE TRADING : KIJA - BBTN - BJBR - ASRI - BRMS - ASSA - PTPP

happy speculative trading
 


caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
         

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE