Friday, January 4, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED JANUARY 4, 2012

PASAR SAHAM INDONESIA

ANOTHER NEW HIGH RECORD !

Walau pun hari ini Index mengalami sedikit fluktuasi, namun masih bisa ditutup dengan rekor tertinggi baru. Dibuka dengan naik 7 point di pre opening market, lalu di regular market tinggal naik 4 point, kemudian Index malah terkoreksi dalam 7 menit perdagangan. Setengah jam kemudian, Index berhasil berbalik naik kembali, hingga naik tertinggi, 19 point di level 4418, rekor tertinggi baru. Sesi 1 akhirnya ditutup hanya naik 7 point di level 4406.

Sesi 2 Index mulai mengalami koreksi, naik dan turun silih berganti, dengan minus terendah harian 9 point di level 4389. Akhirnya Index ditutup naik 10 point di level 4410. New High Closing Record !

Market hari ini : open 4406 high 4418 low 4389 close 4410

Total volume trading : 4.2 miliar saham
Total value trading : 5 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 136 saham
Jumlah saham yang turun : 105 saham
Jumlah saham yang statis : 91 saham

Sektor Industri yang naik :
Sektor Infrastruktur : 6 point
Sektor Properti : 5 point
Sektor Pertambangan : 4 point
Sektor Keuangan : 3 point
Sektor Perdagangan : 3 point
Sektor Aneka Industri : 1 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Konsumer : -15 point
Sektor Manufaktur : -6 point
Sektor Perkebunan : -4 point
Sektor Industri Dasar : -2 point  

Dengan penutupan Index hari ini yang masih mencapai rekor tertinggi, namun sudah dibayang-bayangi oleh aksi profit taking, yang ditandai dengan beberapa kali Index bergerak ke teritori negatif. Jadi untuk perdagangan besok, akan terlihat lebih banyak lagi aksi-aksi profit taking yang melanda, terutama saham-saham yang sudah naik terlalu cepat.

Market 7 Januari 2013

ASII - SPECULATIVE TRADING
Hari ini ASII mengalami koreksi minor, atau "paused", setelah kenaikan tinggi sehari sebelumnya. Untuk perdagangan hari berikutnya, bisa saja ASII akan meneruskan kenaikannya atau masih akan tetap bergerak side ways untuk 1 atau 2 hari lagi, sebelum bergerak naik. Untuk konfirmasi kenaikan, ASII harus melalui harga 7.900.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Hari ini BMRI dibuka diharga high kemarin, lalu bergerak turun dan akhirnya tetap ditutup di harga tengah. Artinya harga high 8.300 menjadi resistensi minor. Mengingat Stochastic juga sudah berada di level over bought, maka sebaiknya lakukan profit taking untuk BMRI.

BBRI - SELL INTO STRENGTH
Hari ini BBRI kembali bergerak naik, yang merupakan heri ke 3 kenaikan secara berurutan. Walau pun BBRI masih memiliki kekuatan untuk bergerak naik, yang terlihat dari kekuatan volume yang besar pada hari ini, namun karena sudah berada di area peak over bought, maka jika bergerak naik lagi, sebaiknya lakukan penjualan mengikuti kenaikannya, atau Sell, jika tidak kuat untuk naik lagi.

BBNI  - SPECULATIVE TRADING
Walau pun BBRI sempat bergerak naik melewati harga resisten sementara di 3.800 hingga harga 3.825, namun akhirnya harus ditutup juga di harga 3.800. Melihat kekuatan Buyers yang masuk, kelihatan bahwa BBNI masih bisa bergerak naik pada perdagangan hari beikutnya. Namun, karena sudah berada di area over bought, maka pergerakan BBNI akan memiliki resiko besar.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : SMGR - GGRM

TRADING BUY : TLKM - INTP

SPECULATIVE TRADING : BBTN - TOTL

happy profit taking



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
 

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE