Tuesday, January 8, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATE JANUARY 8, 2013

PASAR SAHAM INDONESIA

TOWARD A NEW EQUILIBRIUM !

Setelah menyentuh level tertinggi kemarin dan akhirnya ditutup dengan negatif, hari ini Index masih bergerak dengan trend yang semakin menurun.
Dibuka dengan plus 2 point di pre opening, lalu naik lagi 7 point di regular market, lalu Index masih terus bergerak naik hingga mencapai kenaikan tertinggi harian, 21 point di level 4413, tetapi akhirnya sesi 1 ditutup dengan kenaikan 14 point di level 4407.

Sesi 2 Index masih bergerak secara positif, walau pun tingkat kenaikannya mulai menurun, mayoritas bergerak dengan kenaikan di bawah 10 point. Bahkan setengah jam menjelang penutupan market, Index sempat mengalami penurunan, bahkan hingga penurunan terendah sebanyak 10 point, walau pun akhirnya ditutup dengan kenaikan 5 point di level 4397.

Market hari ini : open 4394 high 4413 low 4381 close 4397

Total volume trading hari ini : 5.2 miliar saham
Total value trading : 5 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 115 saham
Jumlah saham yang turun : 120 saham
Jumlah saham yang statis : 105 saham

Sektor Industri yang naik hari ini :
Sektor Pertambangan : 29 point
Sektor Industri Dasar : 7 point
Sektor Keuangan : 3 point
Sektor Infrastruktur : 1 point
Sektor Konsumer : 1 point
Sektor Manufaktur : 0.5 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Perkebunan : -25 point
Sektor Aneka Industri : -15 point
Sektor Perdagangan : -7 point
Sektor Properti : -1.6 point

Dengan penutupan Index hari ini, yang ditutup dengan bentuk doji, menandakan adanya keragu-raguan atau ketidak pastian di market. Antara Buyers dan Sellers sama-sama kuat, sehingga tidak bisa mendominasi Index naik atau pun turun, tetapi ditutup di tengah-tengah.
Namun karena kenaikan yang agresif beberapa hari sebelumnya, membuat market sudah berada dalam kondisi jenuh beli/over bought, sehingga akan sangat rentan terhadap aksi profit taking.
Jadi market besok masih akan didominasi trend penurunan lebih lanjut, walau pun bisa saja dibuka dengan kuat di awal perdagangan.

Market 9 Januari 2013

ASII - SELL ON STRENGTH
Hari ini merupakan hari ketiga koreksi minor atas ASII, namun koreksi yang terjadi hari ini disertai dengan harga  yang turun agak dalam. Karena itu, pola kenaikan 2 atau 3 harian menjadi kurang valid. Karena itu, jika besok harga bergerak naik, namun tidak dengan volume yang besar dan tingkat kenaikannya tidak tinggi, sebaiknya Sell dulu.

BMRI - SELL INTO STRENGTH
BMRI hari ini rebound, setelah kemarin ditutup dengan penurunan. Walau pun besok masih memiliki kekuatan untuk naik, namun karena sudah berada di peak over bouht, sebaiknya lakukan penjualan mengikuti kenaikannya.

BBRI - SELL ON STRENGTH
Kenaikan BBRI kelihatannya sudah mencapai peak level, karena tingkat kenaikannya mulai tertahan di harga 7.500. Apalagi juga sudah berada dalam kondisi peak over bought.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Hari ini BBNI berhasil menembus harga 3.825 dan ditutup di harga tertinggi hariannya, 3.875. Harga terlihat masih bisa bergerak naik secara terbatas. Namun seperti yang lain, BBNI juga sudah berada di peak over bought, jadi akan rentan terhadapa aksi profit taking, karena itu sebaiknya lakukan penjualan jka harga masih bergerak naik besok.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : ERAA - GGRM

SPECULATIVE TRADING : BUMI - PTPP - TOTL - INTP



Happy profit taking
 
caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment



 

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE