Monday, December 3, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 3, 2012

PASAR SAHAM INDONESIA

INDEX BACK TO 4300 AGAIN !

Setelah minggu lalu, penutupan bulan Nopember 2012, Index ditutup dengan negatif, bahkan dibawah level 4300, hari ini, di hari pertama bulan Desember, Index kembali ditutup di atas level 4300 di 4302.

Dibuka dengan konservatif, naik 1 point dan 8 point di pre opening dan regular market, Index lalu bergerak naik dan bahkan sempat mencapai kenaikan hingga 20 point, lalu mulai mengendor lagi, bahkan sempat minus, hingga akhirnya sesi 1 ditutup dengan minus 6 point di level 4270.

Pembukaan sesi 2, Index masih tetap minus. Sesi 2 hanya sempat mengalami positif sebentar, lalu turun lagi, hingga minus 13 point yang merupakan level terendah hari ini. Namun 5 menit menjelang penutupan sesi 2, Index kembali bergairah hingga akhirnya ditutup naik 26 point di level 4302.

Market hari ini : open 4277 high 4303 low 4262 close 4302

Total volume trading hari ini : 6 miliar saham
Total value trading : 7.3 T rupiah
(termasuk crossing saham-saham : MNCN, TBIG, DILD, ARII, TELE, MASA)
Jumlah saham yang naik : 110 saham
Jumlah saham yang statis : 85 saham
Jumlah saham yang turun : 131 saham

Sektor industri yang naik :
Keuangan    : 13 point
Infrastruktur  : 9 point
Industri Dasar  : 3 point
Perkebunan  : 3 point
Properti   : 1.4 point
Konsumer  :  0.8 point

Sektor Industri yang turun :
Pertambangan :  -14 point
Aneka Industri :  -9 point
Perdagangan  :   -5 point
Manufaktur   :   -0.2 point

Dengan penutupan Index hari ini yang kembali lagi mencpai level support 4300, membuat peluang Index untuk bergerak naik lagi menjadi terbuka kembali.
Dengan demikian, untuk perdagangan besok, Index masih bisa bergerak naik lagi.

Market 4 Desember 2012

ASII - TRADING BUY
Sudah 5 hari ASII mengalami tekanan jual. Hari ini sempat ditekan sampai harga 7.050, tetapi akhirnya berhasil ditarik naik ke harga 7.200. Walau pun bukan harga tertinggi, tetapi sudah menunjukkan adanya kekuatan Buyers yang mulai masuk. Jika pun besok masih tertekan, masih dapat dilakukan Buy on Weakness.

BMRI - BUY ON WEAKNESS
Setelah penurunan tajam minggu lalu, hari ini BMRI mulai rebound, walau pun masih belum memiliki kekuatan penuh, tetapi tekanan jual sudah mulai berkurang dan bukan tidak mungkin besok bahkan akan mengalami kenaikan kembali. Namun untuk amannya, lakukan Buy on Weakness.

BBRI - BUY ON WEAKNESS
Untuk sementara, BBRI masih mengalami tekanan jual, tetapi hari ini mulai ada perlawanan dari Buyers, sehingga dapat menarik harga dari psosisi terendah 6.900 ke harga penutupan di 7.050. Namun karena penurunan BBRI belum terlalu dalam, jadi untuk sementara lakukan pembelian saat lemah, atau jika market kuat, dapat langsung lakukan pembelian.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Setelah kenaikan tajam minggu lalu, hari ini BBNI mengalami koreksi minor, hal yang biasa terjadi setelah kenaikan tajam hari sebelumnya. Untuk trading besok, bisa saja harga masih terkoreksi, atau bisa juga harga akan flat untuk 1 atau 2 hari ini.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : TLKM - EXCL - SIMP - CMNP - PTBA - LSIP - UNTR

SPECULATIVE TRADING : ASRI - DILD - ICBP - BISI

happy trading



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment



 

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE