Wednesday, December 17, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 17, 2008

MASIH PERLU WASPADA !!!!

Walau pun market hari ini dibuka naik, bahkan gap up sebanyak 28 point, bahkan sempat naik tertinggi 33 point, namun akhirnya market ditutup hanya plus 21 point di level 1363.

Di satu sisi, kenaikan indeks menandakan bahwa rally yang terjadi di Dowjones berpengaruh positif terhadap market BEI yang sebenarnya sedang memasuki trend penurunan, di lain sisi, penutupan indeks yang walau pun masih positif, tetapi tidak sekuat pembukaannya. Dari sisi volume dan value pun hari ini tidak mengalami peningkatan yang luar biasa, volueme 2.5 miliar saham, dengan value 2.3 T rupiah saja.

Kenaikan Dowjones tadi malam adalah reaksi dari penurunan suku bunga The Fed sebanyak 50 basis point, sehingga membuat pasar saham Amerika bergairah kembali. Namun hari ini indeks Dowfut juga sudah negatif kembali. Artinya, kenaikan kemarin juga hanya reaksi sesaat saja, kecuali kalau nanti malam pasar spot nya tetap bergerak naik.

Penurunan suku bunga di Amerika pun akan berimbas ke luar Amerika, dalam hal dolar akan mengalir kembali ke negara yang dapat memberikan yield yang lebih tinggi dari pada Amerika. Dampak dari hal tersebut adalah tekanan terhadap rupiah menjadi lebih berkurang, sehingga BI dapat lebih leluasa menjaga keseimbangan rupiah dalam beberapa waktu ke depan.
Penurunan suku bunga di Amerika juga memberikan kesempatan kepada BI untuk menurunkan BI rate, apalagi disertai dengan berkurangnya inflasi dan penurunan BBM dalam negeri, ke semuanya akan berdampak pada stimulasi di sektor riel, sehingga revenue emiten-emiten juga akan mengalami peningkatan, yang pada akhirnya akan tercermin dari harga sahamnya.

Hari ini, sebagian besar saham big cap/blue chip masih mengalami kenaikan, walau pun beberapa ditutup di bawah harga tertingginya. Jadi secara teknikal, ada beberapa saham big cap yang masih bisa bergerak naik, walau pun sudah terbatas, beberapa juga sudah mulai memasuki level overbought, jadi harusnya akan ada profit taking atas saham-saham tersebut.

Untuk besok, bisa saja market masih akan dibuka naik kembali, tetapi sebaiknya investor yang sudah untung dapat merealisasikannya, karena indeks secara makro sudah memasuki area overbought, kecuali untuk saham-saham tertentu.

Market 18 Desember 2008

AALI - SELL INTO STRENGTH
ANTM - SELL INTO STRENGTH
ASII - BUY
BBCA - TRADING BUY
BBRI - TRADING BUY
BDMN - BUY ON WEAKNESS
BMRI - TRADING BUY
BUMI - SELL INTO STRENGTH
INDF - BUY ON WEAKNESS
INCO - SELL INTO STRENGTH
LSIP - BUY ON WEAKNESS
PGAS - BUY ON WEAKNESS
PTBA - BUY ON WEAKNESS
TINS - SELL INTO STRENGTH
TLKM - TRADING BUY
UNSP - BUY ON WEAKNESS
UNTR - SELL INTO STRENGTH

WATCH FOR : BBNI/ISAT/ADRO

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE