Wednesday, December 10, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 10, 2008

MARKET MASIH KUAT !!!

Hari ini merupakan hari ketiga penguatan indeks secara berturut-turut, tetapi hari ini disertai dengan kekuatan beli yang lebih besar, dengan volume transaksi sebesar 3 Miliar lembar saham, dengan value 3 T rupiah.
Hari ini indeks langsung dibuka menguat, terus bergerak ke atas dan ditutup di level tertinggi, plus 49 point di angka 1315.

Seperti juga kemarin, penguatan indeks tetap disumbangkan dari big caps, saham-saham berkapitalisasi besar, yang meliputi sektor otomotif, pertambangan, perkebunan dan perbankan, bahkan hampir semua industri naik pada hari ini.

Untuk esok hari, indeks masih akan tetap bergerak ke arah positif, dengan penggerak indeks tetap pada saham-saham big cap.
Jika besok market masih menguat dan disertai dengan volume transaksi yang tetap besar, artinya market masih memiliki momentum untuk bergerak ke atas. Kalau ini yang terjadi, maka tidak perlu terlalu cepat untuk melakukan profit taking. Kemungkinan market masih akan bertahan untuk dua atau tiga hari lagi. Tetapi jika kenaikan besok tidak disertai dengan volume yang besar, maka inilah saatnya untuk keluar dulu dari market, karena kekuatan beli sudah mulai berkurang dan sewaktu-waktu bisa terjadi penjualan.

Jadi untuk satu sampai tiga hari ke depan, masih tergantung kepada sentimen yang ada. Jadi investor harus jeli melihat peluang. Jika terjadi pembalikan di market, harus cepat mengambil profit taking dan jangan sampai terjebak membeli di harga tertinggi. Jika sudah ketinggalan harga, lebih baik menunggu market mengalami koreksi baru masuk lagi.
Jangan termakan emosi karena takut tidak kebagian membeli, malah akhirnya terjebak di harga tertinggi.

Karena itu berhati-hatilah !

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE