Thursday, August 14, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED AUGUST 14, 2008

A HOPE FOR A SUSTAINABLE UP TREND !!!

Akhirnya, setelah minggu-minggu kelabu, market berhasil naik kembali, dengan kenaikan indeks yang terjadi dua hari perdagangan berturut-turut. Hari ini market langsung dibuka plus 11 point dan ditutup di level tertingginya, plus 43 di level 2106.

Kenaikan indeks hari ini boleh dibilang merupakan pembalikan dari arah down trend yang terjadi satu minggu terakhir ini. Kenaikan indeks hari ini juga dapat menepis persepsi keterkaitan harga komoditi dengan harga minyak bumi.
Harga minyak bumi internasional kemarin masih tetap terkoreksi, sedangkan harga saham-saham pertambangan dan perkebunan hari ini bahkan memimpin kenaikan indeks dengan kenaikan yang cukup signifikan. Saham-saham sektor pertambangan dan perkebunan yang kemarin-kemarin tertekan terus, hari ini mulai berbalik arah naik kembali. Hal ini merupakan sesuatu yang positif, mengingat bahwa harga saham-saham sektor tersebut sudah berada di atas level harga yang sekarang tahun lalu dan awal tahun ini, ketika harga minyak bumi masih bertengger di angka sekitar $ 80. Jadi, jika sekarang harga minyak bumi masih berada di kisaran $ 100, maka seharusnya saham-saham pertambangan dan perkebunan masih tetap layak untuk dikoleksi.

Mudah-mudahan kenaikan indeks hari ini juga merupakan perubahan persepsi market, dari skeptis terhadap market secara keseluruhan menjadi pandangan yang positif tentang market berdasarkan kinerja emiten-emiten di semester I yang sangat bagus pencapaiannya.
Laporan pertumbuhan ekonomi Indonesia Semester I yang mencapai 6.36% juga merupakan refleksi dari laporan keuangan Emiten Semester I yang sangat bagus. Kesemuanya ini merupakan berita positif untuk Bursa Efek Indonesia.

Market 15 Agustus 2008 masih terlihat tetap menguat, walau pun di sana-sini ada saham-saham yang sudah mulai overbought yang akan terkena profit taking di hari-hari yang akan datang. Selebihnya, untuk saham-saham pertambangan dan perkebunan kelihatannya masih akan reli untuk satu dua hari ke depan.

Market 15 Agustus 2008

AALI BUY
ASII BOW -NET PROFIT #HALF NAIK 82%
BBCA SELL INTO STRENGTH
BBRI BOW
BDMN BOW
BMRI BOW
BNBR BUY
BUMI BUY
INDF BOW
INCO BUY
ISAT BOW
LSIP BUY
PGAS SELL INTO STRENGTH
PTBA BUY
TINS BUY
TLKM BUY
UNSP BUY
UNTR BUY

WATCH FOR : SGRO/INKP/DEWA/BTEL/TBLA

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE