Monday, December 17, 2007

MARKET COMMENT, DATED DEC 17, 2007

IS'T A SELL MARKET OR TIME TO BUY ?

Dibawah ini dikutip sebagian dari komentar minggu lalu mengenai kondisi market menjelang liburan panjang ini.

"Market memang sedikit susah untuk diprediksi, karena sedang ditransaksikan dilevel-level rekor high, sewaktu-waktu bisa berubah arah secara ekstrim."

Rupa-rupanya market benar-benar bereaksi secara berlebihan terhadap kondisi market saat ini. Market minus terendah sebanyak 94.7 point, walau pun ditutup dengan minus 75 point. Kalau dilihat secara value dan volume transaksi, hari ini jumlah market value adalah sebesar 5.4 T, termasuk crossing saham BBNP. secara volume, "hanya" sejumlah 3 Milyar saham. Artinya kebanyakan yang turun adalah saham-saham dengan kapitalisasi besar dan harga yang cukup tinggi. Dan memang saham-saham bluechip hari ini hampir semuanya berguguran, tanpa kecuali. Menyeret juga saham-saham kecil untuk turun,walau pun dalam rentang penurunan yang lebih tipis.

Jadi, untuk besok, 18 Desember 2007, apa yang akan terjadi ?

Jawabannya : tergantung pasar bursa dowjones nanti malam dan bursa regional besok. Jika bursa efek indonesia berdiri sendiri, seharusnya index sudah memasuki zona oversold. Jadi sewaktu-waktu market bisa rebound kembali, apalagi bagi saham-saham bluechip yang sudah turn terlalu dalam.

Jadi, jika regional bagus, dipastikan besok akan rebound. Tetapi, jika regional turun semua, maka sebaiknya buy on weakness pada saham-saham bluechip secara gradual.

Mengapa masih berani membeli ? Karena, secara makro ekonomi tidak ada perubahan yang mendasar terhadap perekonomian Indonesia. Semua masih on the track. Musuh utama ekonomi Indonesia secara umum adalah harga minyak yang tinggi.

Lagi, market bereaksi secara berlebihan juga disebabkan oleh margin call, jadi mau tidak mau market menjadi lemah secara tehnis.

Tanggal 18 Desember 2007,

SUPPORT market ada di kisaran 2635/2595
AALI SELL
ANTM SELL
ASII SELL
BBCA BOW
BBNI SELL
BBRI SELL
BMRI BOW
BNBR BOW
BNGA BOW
BRPT KONSOL, NAIK BUY
BTEL BOW
BUMI BUY
ELTY BOW
INDF BOW
ISAT KONSOL, NAIK BUY
KIJA BOW
PTBA BOW
TOTL BOW
TLKM BOW

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE