Friday, February 1, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED FEBRUARY 1, 2013

PASAR SAHAM INDONESIA

ANOTHER NEW HIGH RECORD !

Secara tak terduga, hari ini Index kembali menorehkan rekor tertinggi baru, baik harian mau pun penutupan. Pencapaian rekor baru juga ditorehkan oleh BMRI dan BBCA. BBRI, walau pun sempat mencapai harga tertinggi baru, namun penutupannya masih tidak menembus harga baru.

Dimulai dengan naik 4 point dan 9 point di pre opening dan regular market, Index langsung melesat naik hingga naik 25 lebih dalam 15 pertama perdagangan. Index terus melaju hingga menembus level 4500 pada pertengahan sesi 1, bahkan akhirnya ditutup dengan naik 64 point di level 4517 ! Sebuah rekor baru !

Sesi 2 Index tetap kuat, walau pun sedikit mengalami koreksi, Index masih bergerak dalam range trading kenaikan, 45 - 50 point. Namun 1 jam menjelang penutupan mulai terjadi profit taking, hingga akhirnya sesi 2 harus ditutup dengan kenaikan tinggal 27.9 point di level 4481.
Walau pun di bawah level 4500, namun tetap masih merupakan rekor tertinggi baru !
Penutupan tertinggi sebelumnya adalah 4465.

Market hari ini : open 4458 high 4519 low 4457 close 4481

Total volume trading hari ini : 5.6 miliar saham
Total value trading : 6.2 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 151 saham
Jumlah saham yang turun : 98 saham
Jumlah saham yang statis : 92 saham

Sektor Industri yang naik :
Sektor Perkebunan : 47 point
Sektor Aneka Industri : 16 point
Sektor Keuangan : 8 point
Sektor Infrastruktur : 7 point
Sektor Pertambangan : 3 point
Sektor Manufaktur : 3 point
Sektor Perdagangan : 0.8 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Konsumer : - 1.5 point
Sektor Industri Dasar : - 1 point
Sektor Properti : - 1 point

Dengan penutupan Index hari ini yang mencapai rekor tertinggi, seharusnya merupakan tanda-tanda masuknya kekuatan beli yang menguasai market kembali, namun karena penutupan Index yang tidak bisa bertahan di level tertinggi, menunjukkan mulai adanya aksi profit taking yang mengiringi kenaikan Index.
Karena itu, untuk perdagangan minggu depan, walau pun masih ada kekuatan Buyers yang tetap masuk ke market, namun aksi profit taking tetap akan melanda. Karena itu, untuk saham-saham yang sudah over bought, sebaiknya lakukan penjualan dulu, sebelum harga berbalik dan turun lagi !

Market 4 Pebruari 2013

ASII - BUY ON WEAKNESS
Hari ini ASII mulai mencapai level over sold dan harga mulai mengalami rebound, karena itu untuk perdagangan berikutnya harga akan mulai bergerak naik kembali.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Hari ini BMRI berhasil mencapai harga tertinggi atau record high di 9500, tetapi akhirnya mengalami off high dan ditutup di harga terendah di 9000. Ini artinya Buyers tidak berhasil mempertahankan harga tertinggi yang sudah tercapai. Karena itu untuk perdagangan berikutnya harga akan mulai terkoreksi untuk mencapai keseimbangan baru.

BBRI - SPECULATIVE TRADING
BBRI hari ini juga berhasil mencapai 8150, namun akhirnya ditutup di harga 8000. Dengan penutupan ini membuat pergerakan harga BBRI menjadi indecision, namun karena stochastic masih berada di area trading range, masih membuka peluang BBRI untuk bergerak naik lagi.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Walau pun sudah berada di peak over bought, tetapi BBNI seolah-olah masih "dipaksa" untuk naik, bahkan dengan kenaikan sebanyak 325 point dan ditutup di harga 4250. Walau pun belum mencapai rekor tertinggi, namun kenaikan hari ini boleh dikatakan cukup fantastis, mengingat sudah lama sekali BBNI tidak mengalami kenaikan harian yang demikian tinggi. Karena itu, untuk perdagangan berikutnya, sebaiknya lakukan  profit taking, karena resiko trading akan sangat tinggi.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : ACES

SPECULATIVE TRADING : BJBR - LSIP - SMGR - HRUM - UNVR - AALI - IMAS - ICBP

happy profit taking



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment


No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE