Friday, August 5, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED AUGUST 5, 2011

HOW LOW COULD YOU GO ?

Pertanyaan dengan judul yang sama kemarin, hari ini benar-benar menjadi kenyataan ! Kenyataan bahwa market Indonesia sudah overbought secara teknikal, bahwa sesudah memuncak, hanya ada satu jalan buat Index, yaitu turun !
Namun yang tidak terbayangkan adalah koreksi yang demikian tajam pada hari ini, membuat Investor panik dan langsung melakukan penjualan. Semua ini merupakan reaksi atas penurunan Index Dow Jones di Amerika yang mencapai 512 point atau 4.3% pada penutupan kemarin malam. Bagi Amerika, sesudah persetujuan mengenai penambahan utang baru, praktis tidak ada lagi yang bisa menjadi katalis market, mengingat data-data ekonomi yang ada masih mengecewakan, semuanya terakumulasi membuat index Dow Jones jatuh semalam.

Untuk market Indonesia, seharusnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai kondisi ekonominya, mengingat laporan keuangan semester pertama rata-rata industri menunjukkan kinerja yang lebih dari konsensus para analis. Namun jika market regional jatuh dalam, secara psikhologis akan mempengaruhi market Indonesia, sehingga semua Investor yang tadinya agresif membeli, tiba-tiba berbalik arah dan menjual saham-sahamnya, takut didahului oleh pihak lain, sehingga, karena semua berpikir yang sama, semua melakukan penjualan, terjadilah aksi jual massal, menyebabkan index jatuh berguguran.

Sekarang tinggal pertanyaan, kemana Investor yang membeli ASII di harga tertinggi 75.950 ? BMRI harga 8.150, BBRI 7.250 DLLNYA ? Mungkin saja sudah melakukan cut loss juga, atau malah masih menyimpan ?
Makanya, dari 3 minggu lalu, ketika Index mencapai rekor tertinggi sudah dingatkan untuk melakukan profit taking, karena dalam kondisi market yang overbought, akan ada saja alasan untuk menjual secara masive dan kenyataannya ini yang terjadi hari ini.

Investasi di pasar modal memiliki beberapa unsur yang harus diperhatikan, pertama adalah fundamental perusahaan, kedua adalah analisa untuk membeli, itu bisa dilakukan secara analisa fundamental mau pun teknikal dan yang paling penting adalah pengaruh psikhologi Investor yang melakukan transaksi. Jika sedang positif, maka Investor akan mebeli secara agresif, jika ketakutan melanda, maka akan terjadi penjualan secara masif juga. Karena itu, sebagai Investor seharusnya memelihara emosi, tidak terbawa oleh pengaruh luar, baik positif terlebih negatif.

Penurunan Index yang tajam pada hari ini juga menyentuh 38% retracement dari Fibonaci dan jika Senin berlanjut, maka seharusnya Index akan tertahan, pertama di level low hari ini : sekitar 3866, atau sekitar 3760 untuk 50% fibonaci retracement. Ini berarti terpaut hampir 106 point.
Namun biasanya, jika market turun begitu dalam dalam satu hari, biasanya akan terjadi pembalikan yang cepat juga. Jadi belum tentu hari Senin harus turun sampai dengan minus 100 point. Bahkan mungkin saja terjadi reversal, jika regional market juga rebound kembali !

Penurunan Index juga membawa kesempatan untuk memiliki saham dengan harga murah lagi, yang tadinya sudah tidak terkejar. Jadi, masih ada kesempatan untuk melakukan buy on weakness.

Market 8 Agustus 2011

ASII - BUY ON WEAKNESS
Walau pun ASII masih bisa tutup di harga yang lebih tinggi dari pembukaannya, namun masih belum kuat untuk ditutup di harga tertinggi, jadi sebaiknya menunggu di bawah dulu

BMRI - TRADING BUY
Walau pun dibuka dengan gap, bahkan sempat turun terendah, namun BMRI berhasil ditutup ke atas, dengan volume yang besar pula, ini menunjukkan bahwa masih ada yang berusaha untuk menahan saham tersebut

BBRI - BUY ON WEAKNESS
Penutupan saham BBRI mirip seperti ASII, namun ASII sudah berada di level trading range, sedangkan BBRI masih berada di area over bought, walau pun mulai bergerak ke area trading. Seharusnya BBRI berlaku trading sell, tetapi karena sudah turun terlalu jauh dari harga terakhir, masih memungkinkan untuk bergerak naik

BBNI - SPECULATIVE BUY
Pergerakan BBNI lebih mirip ke BMRI, namun dari ketiga bank tersebut, BBNI masih lebih baik pergerakannya, karena tidak membuat gap di antara harga kemarin dan hari ini.

happy bargain hunting

caleb limuel
http://m-one.megaci.com

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE